Minggu, 11 Maret 2012

Soft skill


Anda tentu pernah mendengar istilah soft skill,sebenarnya apa pengertian         soft skill?
softskillPic.jpgMenurut Wikipedia,Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Soft skills merupakan kecerdasan emosional dan sosial (Emotional Inteligence Quotient) yang sangat penting untuk melengkapi hard skills atau kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient). 
Dari penjelasan diatas dapat diartikan soft skill adalah bentuk kompetensi perilaku sehingga dikenal pula sebagai keterampilan interpersonal atau people skills, yang mencakup :
·        keterampilan komunikasi
·        resolusi konflik dan negosiasi
·        efektivitas pribadi
·        pemecahan masalah secara kreatif
·        pemikiran strategis, membangun tim
·        keterampilan mempengaruhi dan keterampilan menjual (gagasan atau ide).
Dari  definisi soft skills di atas dapat ditarik kesimpulan orang yang mempunyai soft skills tinggi adalah orang yang berbudi pekerti, yang mampu mengontrol emosinya dan itu tergambar dalam budi bahasanya, dalam caranya berkomunikasi , perilakunya tidak grusa grusu, satunya kata dan perbuatan atau berintegritas tinggi, tenggang rasa dan toleransi tinggi. Soft skill tinggi sudah semestinya menjadi bagian yang melekat (embedded) dalam diri seseorang dengan latar belakang pendidikan atau intelektual tinggi (hard skills).
soft skills bukan sesuatu yang stagnan,soft skill hanya bisa ditularkan, bukan diajarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar